Halo para pembaca blog ini , saya mau sedikit share pengalaman saya tentang mengunjungi kota tua yang terletak di Jakarta Barat. Kota tua ini sangat menarik perhatian saya untuk di kunjungi karena banyak nya gedung gedung tua yang banyak spot untuk foto dengan banyaknya objek wisata yang ada, masukan dari saya kalau kamu ingin berkunjung sebaiknya berangkat dari pagi serta jangan kesini hari weekend karena makin siang sangat padat pengunjung. Di Kota Tua terdapat beberapa objek wisata yaitu ada Museum Fatahillah , dan juga Museum Wayang.

Untuk cara pergi ke kota tua misalkan posisi kamu di luar kota , bisa dengan memakai kereta dan turun di stasiun kota jakarta , jarak dari stasiun kota jakarta ke kota tua sangat dekat. kalau pakai transportasi gojek atau transportasi lainnya, bisa turun di gerbang masuk wisata kota tua nanti disana ada tulisan tempat pejalan kaki masuk ke area kota tua. Hal pertama yang saya lakukan pada saat sudah sampai di kota tua saya berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta atau yang dikenal juga dengan Museum Fatahillah, lalu saya berkunjung ke Museum Wayang. Di halaman kota tua banyak spot foto untuk selfie atau pun foto biasa , juga banyak para pengunjung meminjam sepeda dan bersepda di sekitaran halaman kota tua. Harga untuk meminjam sepeda pun lumayan mahal biaya nya adalah Rp.20.000 / 30 Menit. Kota Tua cocok banget kalau kamu mau ajak liburan wisata bersama keluarga.


1. Museum Fatahillah

Museum ini diresmikan pada tanggal 30 Maret 1974 oleh Gubernur Ali Sadikin, dulu nya bangunan ini merupakan bekas kantor Balaikota Batavia yang mulai dibangun pada tahun 1627. untuk harga tiket museum fatahillah bermacam macam untuk dewasa Rp.5000/orang , mahasiswa Rp.5000/orang, dan Pelajar Rp.2000/orang, jam buka museum fatahillah mulai dari Hari Selasa – Minggu mulai pukul 08.00 pagi s/d 17.00 sore , hari senin tutup, di dalam museum fatahillah kebanyakan terdapat peninggalan sejarah kerajaan yang ada di indonesia, museum fatahillah terdiri dari 2 lantai, saya melihat banyak objek yang menceritakan tentang masa prasejarah Jakarta mulai dari masa kerajaan tarumanegara , kerajaan sunda, peninggalan – peninggalan bersejarah , serta disana juga menceritakan tentang bagaimana datanya VOC ke Indonesia.




2. Museum Wayang

Karena banyak nya pengunjung, di dalam museum ini saya tidak terlalu lama saya hanya melihat- lihat sedikit saja dan saya tidak bisa banyak menceritakan tetapi overall di dalam nya sesuai dengan nama nya banyak terdapat berbagai macam Wayang yang ada di Indonesia.

Mungkin cukup sekian pengalaman yang bisa saya share yaa..

Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*